Jumat, 10 Februari 2012

Mengenal Area Kerja Flash 8 Pro

MODUL 1
AREA KERJA MACROMEDIA FLASH PRO 8

Pada bab pertama ini kita akan melihat secara sekilas area kerja Macromedia Flash Pro 8 yang akan digunakan dalam pembuatan animasi pada bab-bab berikutnya. Semakin Anda dapat mengenal dan menghafal bagian-bagian dalam area kerja Macromedia Flash Pro 8, maka Anda akan semakin mudah dalam mempraktikkan tutorial yang disajikan dalam blog ini.
Jika Anda baru belajar pertama kali, maka Anda dianjurkan untuk mengetahui komponen-komponen utama dalam area kerja Macromedia Flash Pro 8 yang dibahas pada bab ini. Tidak semua komponen dalam Macromedia Flash Pro 8 dibahas pada bab ini. Beberapa penjelasan mengenai komponenkomponen dalam area kerja akan dibahas pada tutorial atau langkah-langkah pada tutorial yang terkait. Meskipun buku ini menggunakan program Macromedia Flash Pro 8, namun Anda juga dapat menggunakan versi yang lain. Jika Anda menggunakan versi yang berbeda dengan yang digunakan tutorial ini, maka Anda harus dapat menyesuaikan dengan komponen-komponen yang tersedia.

Bagian-bagian penting dalam area kerja di atas diantaranya: Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel.
A. Menu
Menu pada Macromedia Flash Pro 8 terdiri dari: File, Edit, View, Insert, Modify, Text Commands, Control, Window dan Help. Anda dapat melihat submenu yang terdapat pada masing-masing menu dengan mengeklik satu kali pada menu yang ingin Anda pilih.

Berikut ini adalah jendela tampilan awal Macromedia Flash 8 Profesional:
http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/JendelaFlash.png
B. Toolbox
Dalam toolbox terdapat komponen-komponen penting diantaranya: Tools, View, Colors dan Options. Toolbox memiliki peran untuk memanipulasi atau memodifikasi objek dalam stage. Berikut komponen-komponen dalam toolbox beserta fungsi atau kegunaannya:
1. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/SelectionTool.png --> Selection Tool (V)
Memilih dan memindahkan objek
2. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/Subselectiontool.png -->Subselection Tool (A)
Mengubah bentuk objek dengan edit points
3. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/FreeTransfromtool.png-->Free Transform Tool (Q)
Mengubah atau memutar bentuk objek sesuai keinginan
4. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/GradienTransfrom.png-->Gradient Transform Tool (F)
Mengubah warna gradasi
5. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/LineTool.png-->Line Tool (N)
Membuat garis
6. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/LassoTool.png-->Lasso Tool (L)
Menyeleksi bagian objek yang akan diedit
7. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/PenTool.png-->Pen Tool (P)
Membuat bentuk objek secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai penghubung
8. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/TextTool.png-->Text Tool (T)
Membuat teks (kata atau kalimat)
9. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/OvalTool.png-->Oval Tool (O)
Membuat objek elips atau lingkaran
10. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/RectangleTool.png-->Ractangle Tool (R)
Membuat objek berbentuk segi empat atau segi banyak
11. -->Pencil Tool (Y)
Menggambar objek secara bebas
12. -->Brush Tool (B)
Menggambar objek secara bebas dengan ukuran ketebalan dan bentuk yang sudah disediakan
13. -->Ink Bottle Tool (S)
Memberi warna garis tepi (outline)
14. -->Paint Bucket Tool (K)
Memberi warna pada objek secara bebas
15. -->Eyedropper Tool (I)
Mengambil contoh warna
16. -->Eraser Tool (E)
Menghapus objek
17. -->Hand Tool (H)
Menggeser stage
18. -->Zoom Tool (M atau Z)
Memperbesar atau memperkecil objek
19. -->Stroke Color
Memberi warna pada garis tepi
20. -->Fill Color
Memberi warna pada pada objek
C. Timeline
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
D. Stage
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.

E. Panel
Beberapa panel penting dalam Macromedia Flash Pro 8 diantaranya panel: Properties & Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info & Transform.
1. Panel Properties & Filters & Parameters
Panel ini terdapat di bawah stage. Untuk mengeluarkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+F3. Panel Properties & Filters & Parameters digunakan untuk untuk mengatur ukuran background, warna background, kecepatan animasi dan lain-lain.
2. Panel Actions
Panel Actions digunakan untuk menuliskan script atau bahasa pemrograman flash (ActionScript). Anda dapat mengetikkan secara langsung pada layar Actions atau menggunakan bantuan yang disediakan oleh Macromedia Flash Pro 8. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut F9.
3. Panel Library
Library merupakan panel yang digunakan untuk menyimpan objek-objek berupa graphic atau gambar, button atau tombol, movie dan suara baik yang dibuat langsung pada stage ataupun hasil proses impor dari luar stage. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+L.
4. Panel Color
Panel Color merupakan panel yang digunakan untuk memilih warna yang digunakan dalam pembuatan objek-objek pada stage. Ada dua jenis subpanel, yaitu: Color Mixer dan Swatches. Shortcut untuk Color Mixer adalah Shift+F9 dan shortcut untuk Color Swatches adalah Ctrl+F9.
5. Panel Align & Info & Transform
Untuk menampilkan panel ini Anda dapat menekan Ctrl+K pada keyboard. Panel ini digunakan untuk mengatur posisi objek, ingin diletakkan pada tengah stage, sebelah kiri atau kanan dan lain-lain. Dengan panel ini Anda juga dapat memutar objek dengan Transform.
MODUL 1
AREA KERJA MACROMEDIA FLASH PRO 8

Pada bab pertama ini kita akan melihat secara sekilas area kerja Macromedia Flash Pro 8 yang akan digunakan dalam pembuatan animasi pada bab-bab berikutnya. Semakin Anda dapat mengenal dan menghafal bagian-bagian dalam area kerja Macromedia Flash Pro 8, maka Anda akan semakin mudah dalam mempraktikkan tutorial yang disajikan dalam blog ini.
Jika Anda baru belajar pertama kali, maka Anda dianjurkan untuk mengetahui komponen-komponen utama dalam area kerja Macromedia Flash Pro 8 yang dibahas pada bab ini. Tidak semua komponen dalam Macromedia Flash Pro 8 dibahas pada bab ini. Beberapa penjelasan mengenai komponenkomponen dalam area kerja akan dibahas pada tutorial atau langkah-langkah pada tutorial yang terkait. Meskipun buku ini menggunakan program Macromedia Flash Pro 8, namun Anda juga dapat menggunakan versi yang lain. Jika Anda menggunakan versi yang berbeda dengan yang digunakan tutorial ini, maka Anda harus dapat menyesuaikan dengan komponen-komponen yang tersedia.

Bagian-bagian penting dalam area kerja di atas diantaranya: Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel.
A. Menu
Menu pada Macromedia Flash Pro 8 terdiri dari: File, Edit, View, Insert, Modify, Text Commands, Control, Window dan Help. Anda dapat melihat submenu yang terdapat pada masing-masing menu dengan mengeklik satu kali pada menu yang ingin Anda pilih.

Berikut ini adalah jendela tampilan awal Macromedia Flash 8 Profesional:
http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/JendelaFlash.png
B. Toolbox
Dalam toolbox terdapat komponen-komponen penting diantaranya: Tools, View, Colors dan Options. Toolbox memiliki peran untuk memanipulasi atau memodifikasi objek dalam stage. Berikut komponen-komponen dalam toolbox beserta fungsi atau kegunaannya:
1. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/SelectionTool.png --> Selection Tool (V)
Memilih dan memindahkan objek
2. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/Subselectiontool.png -->Subselection Tool (A)
Mengubah bentuk objek dengan edit points
3. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/FreeTransfromtool.png-->Free Transform Tool (Q)
Mengubah atau memutar bentuk objek sesuai keinginan
4. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/GradienTransfrom.png-->Gradient Transform Tool (F)
Mengubah warna gradasi
5. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/LineTool.png-->Line Tool (N)
Membuat garis
6. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/LassoTool.png-->Lasso Tool (L)
Menyeleksi bagian objek yang akan diedit
7. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/PenTool.png-->Pen Tool (P)
Membuat bentuk objek secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai penghubung
8. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/TextTool.png-->Text Tool (T)
Membuat teks (kata atau kalimat)
9. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/OvalTool.png-->Oval Tool (O)
Membuat objek elips atau lingkaran
10. http://i1033.photobucket.com/albums/a411/aansamudra/RectangleTool.png-->Ractangle Tool (R)
Membuat objek berbentuk segi empat atau segi banyak
11. -->Pencil Tool (Y)
Menggambar objek secara bebas
12. -->Brush Tool (B)
Menggambar objek secara bebas dengan ukuran ketebalan dan bentuk yang sudah disediakan
13. -->Ink Bottle Tool (S)
Memberi warna garis tepi (outline)
14. -->Paint Bucket Tool (K)
Memberi warna pada objek secara bebas
15. -->Eyedropper Tool (I)
Mengambil contoh warna
16. -->Eraser Tool (E)
Menghapus objek
17. -->Hand Tool (H)
Menggeser stage
18. -->Zoom Tool (M atau Z)
Memperbesar atau memperkecil objek
19. -->Stroke Color
Memberi warna pada garis tepi
20. -->Fill Color
Memberi warna pada pada objek
C. Timeline
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
D. Stage
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.

E. Panel
Beberapa panel penting dalam Macromedia Flash Pro 8 diantaranya panel: Properties & Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info & Transform.
1. Panel Properties & Filters & Parameters
Panel ini terdapat di bawah stage. Untuk mengeluarkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+F3. Panel Properties & Filters & Parameters digunakan untuk untuk mengatur ukuran background, warna background, kecepatan animasi dan lain-lain.
2. Panel Actions
Panel Actions digunakan untuk menuliskan script atau bahasa pemrograman flash (ActionScript). Anda dapat mengetikkan secara langsung pada layar Actions atau menggunakan bantuan yang disediakan oleh Macromedia Flash Pro 8. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut F9.
3. Panel Library
Library merupakan panel yang digunakan untuk menyimpan objek-objek berupa graphic atau gambar, button atau tombol, movie dan suara baik yang dibuat langsung pada stage ataupun hasil proses impor dari luar stage. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+L.
4. Panel Color
Panel Color merupakan panel yang digunakan untuk memilih warna yang digunakan dalam pembuatan objek-objek pada stage. Ada dua jenis subpanel, yaitu: Color Mixer dan Swatches. Shortcut untuk Color Mixer adalah Shift+F9 dan shortcut untuk Color Swatches adalah Ctrl+F9.
5. Panel Align & Info & Transform
Untuk menampilkan panel ini Anda dapat menekan Ctrl+K pada keyboard. Panel ini digunakan untuk mengatur posisi objek, ingin diletakkan pada tengah stage, sebelah kiri atau kanan dan lain-lain. Dengan panel ini Anda juga dapat memutar objek dengan Transform.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar